Pondok Pesantren Malang Jatim, Al-Firqoh An-Najiyah di Malang

Pondok Pesantren Malang Jatim, Al-Firqoh An-Najiyah di Malang

PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN, Al-FIRQOH AN-NAJIYAH
No. Statistik Depag RI : 51.2.32.73.06.113

Sekretariat Pondok Pesantren :
UTARA PUSDIK ARHANUD, Desa Donowarih, Kec. Karangploso,
Kab. Malang, Jawa Timur Telp. 0341 – 465134
Email : firqotun_najiyah@markazdakwah.com
Website : firqotunnajiyah.com

Tenaga Pengajar : Para asatidz di Ma’had Tahfizhul Qur’an Al-Firqoh An-Najiyah adalah alumni perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang berkompeten di bidangnya.

Pesantren Tahfizhul Qur’an Al-Firqoh An-Najiyah salah satu Pondok Pesantren Malang Jatim yang memiliki program pendidikan Tahfidz Al Qur’an 30 Juz untuk jenjang KULIYYATUL MU’ALLIMIN TAHFIZHUL QUR’AN (KUMTIQ) pendidikan setara SMA/Aliyah, dan MA’HAD ‘ALY TAHFIZHUL QUR’AN (MALTIQ) pendidikan setara Diploma 2.

Program Tahfidz Al Qur’an 30 Juz ini bertujuan untuk mencetak kader ulama muda dan juga generasi qur’ani dengan mengajarkan ilmu syar’i yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, dengan pemahaman yang benar yaitu pemahaman para salafus sholih.

Program Tahfidz Al- Qur’an 30 juz diselesaikan dalam waktu 2 – 3 tahun dengan asumsi 10 juz pertahun (tergantung kepada kemampuan santri) dimana sambil menghafal Al-Qur’an dengan tajwid dan tartil, setiap santri juga mempelajari ilmu aqidah dasar, fiqh harian, sirah (sejarah), adab dan sunnah, hadits, nahwu, shorof, tafsir dan terjemah Qur’an. Bahasa Arab dipelajari setiap hari untuk menyiapkan santri hafiz yang lancar berbahasa Arab. Untuk menjaga kualitas output dari program Tahfidz Al- Qur’an 30 juz ini, setiap kelas hanya dibatasi hanya 10 orang santri.

Program MA’HAD ‘ALY TAHFIZHUL QUR’AN (MALTIQ)

adalah program BEASISWA 100% Tahfizhul Qur’an selama 2 tahun (Setara Diploma 2) untuk lulusan SMA/MA/Sederajat . Program ini tersedia untuk IKHWAN (PUTRA) dan AKHWAT(PUTRI) dengan sistem boarding (asrama). Para Mahasantri akan melaksanakan Hafalan Al-Qur’an dengan target 30 juz selama 2 tahun

Setelah menyelesaikan program 2 tahun tersebut, setiap Mahasantri akan melaksanakan program pengabdian dakwah selama 1 tahun. Program ini dilakukan untuk melatih santri dalam berdakwah di masyarakat, dan dalam rangka membentuk tauhid yang benar dan kuat serta menyebarkan syiar islam di tengah umat.

Program KULIYYATUL MU’ALLIMIN TAHFIZHUL QUR’AN (KUMTIQ)

adalah program Tahfizhul Qur’an untuk lulusan SMP/MTS/sederajat. Program ini ditempuh dengan sistem boarding (asrama khusus untuk PUTRA) dan lama pendidikan 3 tahun (setara SMA/Aliyah), dengan target santri telah menghafal 30 juz dari Al-Qur’an. Kemudian pada tahun ke-3, santri akan mengikuti program kelas khusus untuk mengahadapi Ujian Nasional Wajardiknas Paket C (Penyetaraan Ijazah SMA/Aliyah)

Selain melaksanakan Hafalan Al-Qur’an dengan target 30 juz selama 2 tahun,  para santri MALTIQ dan KUMTIQ  juga akan dibekali dengan ilmu-ilmu syar’i seperti : 

  • Aqidah Islamiyah
  • Tafsir
  • Ushul Tafsir
  • Ulumul Qur’an
  • Hadits
  • Fiqh
  • Siroh
  • Nahwu
  • Shorof
  • Bahasa Arab
  • Akhlak
  • Teknologi Informasi dan Komputer (TIK)

Untuk menunjang kegiatan pembelajaran santri, Ma’had Tahfizhul Qur’an Al-Firqoh An-Najiyah telah menyediakan berbagai fasilitas. Yaitu antara lain :

Masjid Baitul Makmur

Masjid Baitul Makmur

 

 

Asrama Santri

Asrama Santri

Kantor Administrasi Ma'had

Kantor Administrasi Ma’had

Ruang Kelas Yang Dilengkapi LCD Proyektor

Ruang Kelas Yang Dilengkapi LCD Proyektor

Outdoor Class (Pembelajaran di Alam Terbuka)

Outdoor Class (Pembelajaran di Alam Terbuka)

Perpustakaan yang dilengkapi dengan perangkat digital dan multimedia

Perpustakaan yang dilengkapi dengan perangkat digital dan multimedia

 

Lab Komputer Dengan Koneksi Internet

Lab Komputer Dengan Koneksi Internet

Ruang Makan Santri

Ruang Makan Santri

suasana mahad lingkungan
Lokasi yang kondusif untuk belajar dan menghafal Al-Qur’an, hawa yang sejuk dan suasana desa yang asri dengan pemandangan yang indah
pertanian 2 lahan-pertanian-1
Lahan Pertanian Ma’had

Para ustaz dan seluruh santri berusaha untuk menghidupkan sunnah-sunnah Rasululloh Shollallahu ‘alaihi Wa Sallam dalam kehidupan sehari-hari, melaksanakan ibadah seperti sholat berjamaah dan tahajud serta tilawah quran harian dengan penuh disiplin, doa-doa dan adab-adab sunnah, juga belajar bermuamalah yang baik disertai akhlaq budi pekerti yang mulia.

Pusat Informasi Penerimaan Santri Baru

Ma’had Tahfizhul Qur’an Al-Firqoh An-Najiyah,
Masjid Baitul Makmur, Desa Donowarih, Kec. Karangploso, Kab. Malang, Jawa Timur
Telp. 0341 – 465134
Email : psb@firqotunnajiyah.com
Website : firqotunnajiyah.com
Contact Person :
Untuk Putra (Ikhwan)
0813 3242 5510 (Ust. Imandani)

Untuk Putri (Akhwat)
0812 5201 6194 (Ustdzh. Iin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>